Peluncuran Buku

 

“Mencari Film Madani: Sinema dan Dunia Islam’ oleh Ekky Imanjaya

Diterbitkan oleh Komite Film Dewan Kesenian Jakarta, 2019

 

 

JUMAT, 25 OCTOBER 2019

BINUS University Kampus JWC, Senayan

13.30-15.30 Book Launching “Mencari Film Madani: Sinema dan Dunia Islam”  

by Ekky Imanjaya. Speakers: Haidar Bagir, & Inayah Wahid | Moderator: Ifan Ismail

 

 

Dan apakah “Film Madani” itu? 

 

Pembahasan soal film dan dunia Islam dalam bentuk buku masih jarang ada. Buku “Mencari Film Madani: Sinema dan Dunia Islam” adalah upaya untuk mengisi kekosongan wacana ini.

 

Ini adalah kumpulan kritik dan esai Dr. Ekky Imanjaya dalam rentang waktu 2007-2019. Buku ini adalah salah satu dari Seri Wacana Sinema yang diterbitkan oleh Komite Film Dewan Kesenian Jakarta.

 

Dalam buku ini, Ekky mengulas film-film dengan benang merah yang sama: “Film Madani”, yang ia definisikan sebagai “film-film yang bercerita tentang Umat Islam dan permasalahan khasnya, tentang living Islam”. Temanya adalah “kemusliman” (muslimness) dan seluk beluk bagaimana menjalani kehidupan sebagai seorang Muslim. Hal ini sejalan dengan misi Festival Film Madani yang merayakan keberagaman dunia muslim, dan melihat  representasi bagaimana kebudayaan, nilai-nilai, dan ritual keislaman dihayati dan dihidupkan oleh pemeluknya. 

 

Buku ini  mengulas film-film baik dari dalam atau pun luar negeri, dari yang mahakarya hingga genre popular, dari karya klasik hingga yang terkiwari.