Madani Short

Rekonsiliasi Singkat 

 

Budaya, kebiasaan, hasrat, dan ajaran agama. Semua punya janji masing-masing untuk memberi solusi dalam hidup. Tapi jarang mereka bisa satu suara, lalu bertengkar sendiri. Bahkan ada saja masalah tertentu yang kesemuanya tidak (mau atau mampu) memberikan solusi. Lalu bungkam, seolah-olah masalah itu akan hilang dengan sendirinya. Atau malah, jadi sumber masalah baru, ketika janji-janji solusi tadi ternodai, entah oleh praktik, salah tafsir, atau bahkan kepentingan. 

 

Tapi manusia tak pernah menyerah. Dari bertanya, menggugat, sampai mencari jalannya sendiri, entah berhasil entah tidak, solusi terus dicari. Merekonsiliasi antara harapan dan kenyataan. Antara ajaran dan kelakuan. Antara tuntunan dan pikiran.  

 

Kompilasi film pendek ini dipersembahkan oleh kineforum kepada Festival Film Madani. Kami ingin mengintip sentilan-sentilan pertanyaan itu. Pertanyaan yang mungkin muncul dalam keseharian kita yang hidup dalam masyarakat beragama, tapi karena satu dan lain hal, jarang diutarakan. Ada yang buntu, ada yang nakal, ada yang mengharukan, ada yang indah, dan bahkan ada yang tragis. Dari sekadar mencari solusi saat ini, hingga yang ingin meraih yang hakiki. Kompilasi ini berniat menyajikan aneka rasa tadi dalam satu kesempatan, lewat film-film yang berasal dari dalam dan luar negeri. Mudah-mudahan kaya rasa.  

 

Sampai bertemu di Festival Film Madani, bersama kami dari kineforum!

 

Ifan Ismail

Film Programmer, kineforum

 

Jadwal Penayangan:

 

RABU, 23 OCTOBER 2019

BINUS University Alam Sutera

15.00-17.30 Madani Shorts – Brief Reconciliation: “Pomegranate is the Fruit of Paradise” (2015), “Rong” (2018), “Oleh-Oleh” (2017), “Kilau Kerikil” (2015), & “Langit Budak Biru” (2018) + Discussion with the programmer and the filmmaker

 

KAMIS, 24 OCTOBER 2019

@America

16.00-18.30 Madani Shorts – Brief Reconciliation: “Pomegranate is the Fruit of Paradise” (2015), “Rong” (2018), “Oleh-Oleh” (2017), “Kilau Kerikil” (2015), & “Langit Budak Biru” (2018) + Discussion with the programmer and the filmmaker

Daftar Film

 

 

Lim Kean Hian 2018 | 23 menit | Malaysia | PG-13 Di sebuah pesantren di…

Iqbal Meurah Mege Fadly 2015 | 23 menit | Indonesia Sepasang pegawai negeri rendahan—satu tua…

M. Reza Fahriyansyah   2017 | 18 menit | Indonesia Menjelang keberangkatannya menjalankan ibadah umroh,…

Kelik Sri Nugroho 2018 | 35 menit | Indonesia Ningsih tidak terlihat bahagia di hari…

Teymour Ghaderi   2011 | 15 menit Sebuah desa yang makin sepi. Seorang muazzin yang…